Sekilas YAKKAP

Program Tunjangan Hari Tua (THT) PT. Angkasa Pura I (Persero) merupakan suatu bentuk penghargaan perusahaan terhadap pengabdian karyawan. Program THT dibentuk 1 November 1988 oleh Direksi PT. Angkasa Pura I (Persero) dan Direksi PT. Angkasa Pura II (Persero) dan dikelola bersama dengan program pensiun dalam suatu wadah bernama Yayasan Dana Pensiun Bersama Angkasa Pura (YDPBAP).

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun mengharuskan program pensiun karyawan dikelola oleh suatu badan hukum khusus yang di-bentuk berdasarkan UU tersebut. Untuk itu, baik AP I dan AP II masing-masing membentuk dan mengelola Dana Pensiun dan memisahkan kekayaan Program THT AP I dan AP II.

Dalam rangka kelanjutan pengelolaan program THT Karyawan PT. Angkasa Pura I (Persero), Rapat Direksi tanggal 2 Mei 2003 memutuskan THT Karyawan dikelola oleh Yayasan bernama YAYASAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN ANGKASA PURA I disingkat YAKKAP. Selanjutnya tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Ulang Tahun YAKKAP.

Program kegiatan YAKKAP meliputi program pemberian THT, Bantuan Pemeliharaan Kesehatan dan Bantuan Lainnya bagi karyawan dan pensiunan beserta keluarganya sebagaimana dimuat dalam Anggaran Dasar YAKKAP yang akta perubahannya telah mendapat persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia R.I. serta telah diumumkan dalam Berita Negara RI Nomor 68 tanggal 25 Agustus 2006, Tambahan Berita Negara RI Nomor 550 Tahun 2006.

Pengelolaan Yayasan dilakukan oleh Organ Yayasan, yang terdiri dari Pembina, Pengawas, dan Pengurus YAKKAP dibantu oleh Kepala Bidang dan Staf YAKKAP.